Makna peribahasa 'Dimana ada kemauan, di situ ada jalan' untuk kamu yang masih ragu melangkah maju

 




 Bicara kemauan pasti bicara tentang pikiran, rasa, angan, dan yang lainnya. karena kemauan itu muncul dari sebagian hal-hal kecil tersebut, baik terencana atau tidak. Kemauan tentu saja di miliki semua orang, meski berbeda tingkat dan berbeda bentuk kemauannya. 

Membahas kemauan tentu tidak luput dari satu peribahasa yang kerap kita dengar, yakni 'dimana ada kemauan, di situ ada jalan.' Apa sih, maknanya? Emang pasti ya kalo tiap kita punya kemauan, pasti ada jalan ya? Ya iyalah, masa iya iya dong.

 Atau yang lebih gampang dan lebih sering didengar 'dimana ada niat di situ ada jalan'. Cara memahaminya mudah, jika kita sudah punya kemauan, niat, keinginan, dan kalimat-kalimat bermakna sama lainnya, pasti dengan cara apapun, kita akan merealisasikan niat kita itu.

Sama juga dengan judul tulisan ini, berbeda tulisan tapi tetap satu tujuan. Jika kita menjadi orang yang ingin melakukan suatu perubahan menuju kebaikan, maka tidak cukup dengan hanya mengudarakan kalimat ingin saja, kemauan juga harus ada dong.  

Nah dalam setiap kemauan sudah pasti ada niat, usaha, semangat, dan pastinya doa. Maka dari itu, jika sudah ada kemauan dari diri kita sendiri dalam mencapai tujuan, maka yakinlah, proses dalam perwujudan kemauan kita akan lebih mudah, meski ya, menurut orang masih agak sulit.

Jika kemauan kita sudah matang, sudah siap, dan sudah benar-benar bisa diajak berkompromi dengan proses kita, pastilah jalan yang akan kita tempuh terasa lebih mudah dalam mencapai angan dan keinginan kita. Entah apa saja asalkan baik dan bermanfaat, minimal bermanfaat untuk diri kita sendiri, baru bermanfaat juga untuk orang lain. 

Kemauan itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena jika hidup manusia dilakukan tanpa kemauan, maka tentu saja akan terasa hampa dan tidak ada warna warni apapun. Dengan adanya kemauan orang-orang bisa berkreasi, berinovasi, merubah pola pikir dan lebih-lebih lagi akan merubah masa depan.

Ingat kawan! “Bila Kemauan Siap, Maka Kaki Menjadi Ringan” gunakan kalimat itu untuk membangun pondasi yang lebih kokoh di diri kita. Terutama anda yang memiliki pikiran yang cerdas, berjiwa pemimpi, dan bertekad tinggi agar mempermudah jalan dalam anda menggapainya.

Posting Komentar

0 Komentar