4 Perusahan Besar di Thailand yang Bergerak pada Bidang Minyak Bumi dan Petrokimia

 


Thailand merupakan negara dengan sumber daya alam yang melimpah, serta masih ada kesuburan yang terbagi menjadi sumber daya hutan, sumber daya air, sumber daya mineral, biji logam, non logam, petrokimia, mineral bahan bakar, unsur radioaktif, minyak bumi dan masih banyak lagi. 



Kali ini, redaksi cahenom akan merangkum beberapa Perusahaan Besar di thailand yang mengelola sumber daya alam berupa minyak bumi, mineral bahan bakar, petrokimia dan sumber daya alam lainnnya. Berikut penjelasannya: 



1. Thai Oil Public Company Limited (TOP)

Ini adalah bisnis penyulingan dan distribusi minyak bumi terbesar di Thailand serta merupakan salah satu penyulingan paling efisien di kawasan Asia-Pasifik. Bisnis utamanya adalah penyulingan minyak bumi. Perusahaan tersebut memiliki kapasitas penyulingan total 275.000 barel per hari. Produk utama minyak bumi pada perusahaan TOP adalah sebagai berikut:


  • Minyak sulingan ringan termasuk gas minyak cair, benzena, xilena campuran, format ulang dan isomerat. 
  • Minyak sulingan semi-berat dan ringan, seperti bahan bakar jet dan diesel. 
  • Minyak sulingan berat termasuk bahan bakar minyak, resin panjang dan aspal.



Selain itu, perusahaan TOP tadi juga telah telah berinvestasi untuk menutupi produksi produk petrokimia. Seperti Pelumas dasar,  bisnis kelistrikan, Bisnis Pelarut , Bisnis transportasi kapal, bisnis energi dan Bisnis manufaktur substrat.  untuk jasa penyimpanan minyak mentah Produk minyak bumi dan petrokimia,  ada layanan rekrutmen dan seleksi untuk Thaioil Group.



2. PTT Global Chemical Public Company Limited (GC)

Ini adalah perusahaan petrokimia dan pemurnian terintegrasi terbesar di Thailand dan perusahaan petrokimia dan kimia terkemuka di kawasan ASEAN. Perusahaan tersebut memiliki total kapasitas penyulingan minyak mentah dan kondensat 280.000 barel per hari. Dan kapasitas produksi produk petrokimia serta bahan kimia sebesar 13,95 juta ton per tahun. Perseroan membagi kegiatan usaha utama menjadi 3 kelompok sebagai berikut:



Produk dan utilitas minyak bumi, Kelompok produk aromatik, Rangkaian produk olefin dan membagi produk menjadi 5 kelompok utama menjadi petrokimia hulu, petrokimia menengah, polimer dan bahan kimia, bioplastik dan produk berkelanjutan, bahan kimia khusus. Selain itu, perusahaan dalam grup GC mengoperasikan layanan dan bisnis lainnya. Untuk mendukung operasional bisnis agar lebih stabil dan komprehensif, seperti bisnis distribusi produk dan jasa logistik resin plastik. Produksi dan distribusi bisnis utilitas Bisnis terminal dan penyimpanan produk Pemeliharaan pabrik dan bisnis desain rekayasa Bisnis Pengelolaan Tanah dan Properti Bisnis investasi dalam bentuk Corporate Venture Capital, dll.



3. IRPC (Thailand) Perusahaan Publik Terbatas (IRPC)

Ini adalah produsen produk minyak dan petrokimia terintegrasi pertama di Asia Tenggara. Total kapasitas penyulingan perusahaan tersebut adalah 215.000 barel per hari. Ada 3 kelompok usaha utama Perseroan dalam perusahaan tersebut meliputi bisnis minyak bumi pembuatan dan penjualan produk minyak seperti bensin, minyak solar, bahan bakar minyak, minyak pelumas dasar, aspal dan nafta, dll. Bisnis petrokimia juga memproduksi dan menjual produk petrokimia dalam 4 kelompok utama.



Rangkaian produk olefin, kelompok produk aromatik, rangkaian produk polimer, produk khusus atau inovatif seperti Green ABS, Ultra High Molecular Weight Polyethylene (UHMW-PE), dll. Usaha penunjang lainnya seperti listrik dan utilitas bisnis pelabuhan dan tangki penyimpanan serta bisnis jasa manajemen properti, dll.



4. PTT Tank Terminal Company Limited (PTT Tank)

Ini adalah penyedia layanan pelabuhan dan penerimaan-penyimpanan-penyaluran produk minyak bumi dan petrokimia. Saat ini, terdapat layanan di kawasan Industri Map Ta Phut untuk perusahaan PTT Group, terdiri dari 2 tempat berlabuh dengan ukuran kargo maksimum 60.000 DWT, mampu menangani produk melalui pelabuhan hingga 2.000.000 ton per tahun, dan tangki untuk menyimpan cairan produk total kapasitas sekitar 73.000 ton.



Itu tadi, rangkaian 4 perusahaan pengelola minyak bumi terbesar di Thailand versi redaksi cahenom.com. Apakah teman-teman tertarik untuk bekerja di salah satu perusahaan tersebut? Atau apakah tulisan ini layak menjadi salah satu bahan kajian yang akan membangun penelitian atau mungkin tulisan pembaca sekalian? Beritahu kami di kolom komentar, ya, kawan? Bisa jadi saran dan kritikan dari pembaca sekalian akan embangun tulisan dan juga paradigma kami di kemudian hari! Terima kasih banyak! 

Posting Komentar

0 Komentar