SEJARAH SINGKAT FORD MOTOR COMPANY || cahenom.com



Ford adalah perusahaan keluarga terbesar kedua di dunia, karena keluarga Ford telah mengendalikan perusahaan sejak didirikan lebih dari 125 tahun yang lalu. Mereka juga memproduksi satu-satunya mobil yang pernah dimiliki Jim Morrison (Shelby GT 500 1967).



Tapi bagaimana Ford bertahan dari dua perang dunia sekaligus? Pada artikel ini, kita akan diajak melihat sejarah yang kaya dari salah satu produsen mobil paling terkenal di dunia.



Kapan Ford didirikan?

Henry Ford menciptakan mobil pertamanya pada tahun 1896, yang disebutnya quadricycle. Usaha pertamanya dalam manufaktur mobil adalah Detroit Automobile Company yang didirikan pada tahun 1899. Namun, perusahaan tersebut kandas dan direorganisasi menjadi Henry Ford Company pada tahun 1901. Dan pada tahun 1902, Henry Ford berselisih dengan pendukung keuangannya dan meninggalkan perusahaan. dengan hak atas namanya dan hanya mendapat bagian $900. Yang pada tahun tersebut terbilang ukup banyak. 


https://www.britannica.com/biography/Henry-Ford

Bagaimanapun, Henry Ford berpaling ke temannya Alexander Y. Malcomson untuk membiayai perusahaan mobil lain. Kemitraan 'Ford dan Malcomson' itu pun segera dibuat dan pasangan itu merancang sebuah mobil dan mulai memesan suku cadang. Namun, uang mereka cepat habis sedangkan perusahaan manufaktur terus menuntut pembayaran. Malcomson harus beralih ke pamannya, John Gray yang adalah kepala bank tabungan Jerman-Amerika. Dia menyarankan untuk menggabungkan Ford dan Malcomson dan mendatangkan investor baru.



Maka, pada tahun 1903, Ford Motor Company didirikan dengan 12 investor yang memiliki 1000 saham. Tentu saja Perusahaan motor itu langsung untung mendapatkan keuntungan Yang berlipat ganda, meskipun ada beberapa pemegang saham yang keberatan.



Namun, ada gesekan internal dan ketika Ford dan Malcomson memperebutkan masa depan perusahaan dan Malcomson dibekukan dari perusahaan ketika Gray memihak Ford. Dia menjual sahamnya ke Ford dan kemudian Gray meninggal mendadak pada tahun 1906 sehingga Ford mengambil alih peran presiden perusahaan. Jadi Ford Motor Company memulai dengan cukup dramatis.



Kapan mobil Ford pertama kali diproduksi?

Ford Model A diproduksi pada tahun 1903 dan untuk sementara waktu, mobil Ford diberi nama secara kronologis. Ford Model K adalah model enam silinder pertama perusahaan dan dikenal sebagai 'roadster pria terhormat' dan jauh lebih mahal daripada mobil lain yang tersedia pada saat itu. Model K dijual seharga $2800 dibandingkan dengan Enger 40 seharga $2000, Oldsmobile Runabout dijual seharga $650 dan Success hanya seharga $250. 



Pada tahun 1908 Model T diperkenalkan. Sekitar waktu inilah hanya beberapa mobil sehari yang diproduksi di sebuah pabrik sewaan di Detroit. Pada tahun pertama Model T, lebih dari 10.000 Model T diproduksi. Karena permintaan Model T menjadi sangat tinggi, perusahaan memindahkan produksi ke pabrik yang jauh lebih besar pada tahun 1910. Pada tahun 1913, Ford telah mengembangkan teknik dasar jalur perakitan dan menurunkan produksi dari 12 jam menjadi hanya 2 jam dan 40 menit, menurunkannya lebih jauh menjadi 1 jam 33 menit. Setelah iklan yang berhasil meningkatkan penjualan dengan menjanjikan bagi hasil jika penjualan mencapai 300.000 antara Agustus 1914 dan Agustus 1915, penjualan meningkat menjadi 501.462 pada tahun 1915. Pada tahun 1920, produksi akan melebihi satu juta per tahun.



Kapan Ford mulai memproduksi mobil di luar negeri?

Ford tidak bertahan lama sebagai perusahaan domestik, dan sebenarnya pada tahun 1904 mereka mencapai status internasional dengan berdirinya Ford Kanada. Namun, pada tahun 1911 perusahaan benar-benar mulai berkembang di seluruh dunia. Mereka membuka pabrik di Irlandia, Inggris, dan Prancis pada tahun 1917. Denmark, Jerman, Austria, dan Argentina segera menyusul. Pabrik juga dibuka di Jepang, Afrika Selatan dan Australia pada tahun 1925. Pada tahun 1920, Ford memproduksi 50% mobil di AS dan 40% dari semua mobil Inggris. Faktanya, setengah dari semua mobil di Amerika Serikat adalah Model Ts.



Apa yang terjadi pada Ford di Perang Dunia Pertama?

Perang Dunia Pertama berdampak pada banyak produsen mobil, Dan nasib Ford tidak berbeda. Menariknya, pada tahun 1915 Henry Ford melakukan misi perdamaian ke Eropa dengan pasifis lainnya untuk mencoba dan menghentikan Perang Dunia Pertama. Hal ini kemudian menyebabkan Henry Ford sendiri menjadi cukup populer. Bagaimanapun, meskipun Henry Ford adalah seorang pasifis, dia akhirnya mendukung upaya perang dan Model T menjadi penopang kendaraan militer Sekutu seperti tank Ford 3-Ton M1918 dan ambulans 1916.



Apa yang terjadi pada Ford setelah Perang Dunia Kedua?

Henry Ford meninggal pada 7 April 1947, dan diperkirakan tujuh juta orang berduka atas kematiannya. Henry II mengambil alih sebagai Ketua dan CEO.



Ford dan Hari Ini

Ford terus berkembang dari kekuatan ke kekuatan, dengan Fokus meluncurkan kendaraan kendaraan terbaru. Dengan memperbaharui sistem, fitur dan kenyamanan serta tetap memerhatikan kesehatan lingkungan dari dampak adanya produksi Kendaraan dari Ford ini hingga hari ini Ford masih terus mempertahankan dirinya di tengah gempuran teknologi yang membabi buta. 

Di kutip dari Beberapa website  dan salah satunya di kutip dari website resmi Ford yaitu ford.com

Posting Komentar

0 Komentar