3 Tips jitu Mendatangkan Ide guna Mengusir Kemalasan Menulis berkedok Writer's Block

 


Pada artikel sebelumnya, redaksi cahenom.com telah memaparkan mengenai definisi malas menulis dan benar-benar penulis yang mengalami siklus Writer's Block. Nah, kali ini kami akan membawakan bagaimana cara mengatasi kemalasan menulis pada diri sobat cahenom sekalian. Yuk! Simak artikel kami di bawah ini! Jangan lupa, bacanya sambil ngopi, ya! 



Sobat cahenom pasti pernah mengalami gangguan dalam menulis, entah karena faktor malas, tidak ada dorongan atau bahkan yang paling parah adalah karena tidak ada ide. Beberapa penulis sempat mengaku bahwa ketidak-ada-an ide tadi, disebabkan karena si Otor (Author/Penulis) ini tengah mengalami siklus bernama Writer's Block. Padahal sebenarnya dia hanya malas bergerak untuk mencari si ide. Nah, redaksi cahenom punya tips supaya si ide ini terus mengalir dan si makhluk bernama kemalasan itu tidak berani lagi hinggap di otak dan jiwa kita, apa saja, sih? Yuk! Simak lagi ke bawah!



1. Perbanyak Membaca

Ada banyak alasan kenapa membaca menjadi salah satu jurus jitu untuk mengembalikan mood atau keinginan untuk menulis. Salah satu yang paling populer dan pernah kami kaji di tulisan sebelumnya yakni karena membaca dapat meningkatkan pengetahuan kita pada apa saja. Terutama bermanfaat untuk mencetuskan ide menulis. Tapi sebelum bergerak untuk membuka lembar-lembar pengetahuan, pastikan sobat cahenom memiliki kemauan terlebih dahulu, ya!



2. Berjalan-jalan dan mengamati kehidupan sekitar

Cara kali ini lebih kepada meningkatkan kecenderungan otak untuk menghirup udara segar dari rutinitas keseharian kita yang mencekam. Dengan berjalan-jalan, jiwa dan hati kita akan sedikit merasakan ketenangan dan tercetuslah si makhluk bernama ide. Selain itu, dengan kita mengamati kehidupan di sekitar, kita akan mengetahui dan merasakan nadi kehidupan yang membuat kita memikirkan banyak hal, salah satunya bisa saja dijadikan ide untuk menulis. Sempatkan setidaknya seminggu sekali untuk menikmati dunia luar, ya, sobat cahenom! Lagi-lagi, pastikan kamu mau bergerak, ya?



3. Mendengarkan musik atau menonton film (termasuk anime dan drama)

Mendengarkan musik diyakini oleh sebagian besar penulis sebagai pendatang ide. Pasalnya, alunan lembut dari musik yang mengalir di telinga kita membuat otak kita rileks sebentar untuk menghayati si musik. Juga, lantunan lirik dari musik yang kita dengarkan bisa mendatangkan ide secara cuma-cuma, loh! Selain bermusik, menonton film, drama atau bahkan anime, juga diyakini dapat mendatangkan ide menulis, alur yang apik, cerita yang menarik, dan setting cerita yang epik membuat kita terinspirasi untuk membuat hal serupa. Dan kami ingatkan lagi, pastikan kamu mau dan berniat untuk menulis.



Nah, itu tadi 3 Tips jitu mendatangkan ide menulis. Seluruh Tips tersebut bersumber dari pengakuan beberapa penulis yang telah membuktikan keampuhan tiga hal tadi dalam mendatangkan ide. Redaksi cahenom juga sempat menjajal keseluruhan hal tadi dan memang benar jika kita melakukan ketiganya berdasarkan niat yang kuat, maka si makhluk bernama ide benar-benar akan menclok di otak kita dengan serta merta. 



Nah, mengusir kemalasan menulis sendiri harus didasari dengan keinginan kuat untuk berubah, dan keinginan itu tentu berasal dari diri sobat cahenom sekalian. Mau bagaimana pun kita berusaha keras membaca artikel tentang tips-tips seperti ini, jika kamu belum memiliki keinginan untuk bergerak ya tidak akan ada yang berhasil. Maka, ayolah bergerak! Buat perubahan di diri kamu! Jangan jadikan hal-hal tidak berguna menguasai diri kamu! Salam sehat! Salam Literasi!

Oleh : Soleha Luluk Budi Astuti

Posting Komentar

0 Komentar