Inilah 5 manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh Kita

 


Siapa, sih yang tidak tahu si manis berkulit hijau tebal ini? Yap! Betul sekali, semangka. Siapa yang tidak tahu buah manis yang satu ini? Ukurannya yang cukup besar serta warna merah merekahnya yang menggoda tentu akan membuat siapa saja ingin melahapnya langsung. Pasalnya, selain manis, buah semangka ini juga memiliki cita rasa segar yang bisa menghilangkan dahaga kita, loh, sobat! Itu karena di dalam buah besar ini terkandung banyak air yang tentunya juga akan memberi banyak manfaat bagi tubuh kita! Mau tahu selengkapnya? Mari simak artikel berikut ini!


1. Mendukung proses Hidrasi

Menjaga hidrasi sangat penting untuk kesehatan. Bahkan, hanya karena tingkat dehidrasi sederhana saja mungkin akan berpengaruh pada kelelahan, sakit kepala, kram otot, dan kemungkinan masalah tekanan darah. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan air yang melimpah, atau sekitar 92% dari keseluruhannya adalah air, dan sisanya adalah zat-zat lain seperti glukosa dan vitamin. Sedangkan 20% kebutuhan air kita diperoleh dari makanan. Nah, dengan mengkonsumsi buah Semangka ini, kita bisa mendapatkan asupan air yang tinggi, khususnya bagi orang tua yang kuran responsif terhadap sensasi haus. 


2. Mendukung manajemen berat badan

Berkat kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang rendah, ini berarti irisan besar semangka memiliki kontribusi kalori yang relatif kecil. Makan makanan seperti ini, yang mengenyangkan tetapi rendah kalori tampaknya membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan kita dan yang pasti akan berpengaruh pada berat badan kita, sobat! 


3. Dapat mendukung kesehatan kulit dan mata

Daging merah muda-merah semangka memberi tahu kita bahwa buah itu kaya akan senyawa yang disebut karotenoid, termasuk beta-karoten, yang kita ubah menjadi vitamin A. Sering disebut pro-vitamin A, beta-karoten, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit kita.


4. Sumber likopen yang kaya

Karotenoid lain yang ditemukan dalam semangka adalah likopen. Sebenarnya, jenis likopen dalam semangka lebih mudah tersedia bagi kita, menjadikan semangka sebagai sumber yang sangat berguna. Likopen telah mendapat banyak perhatian dan diyakini efektif dalam mengurangi risiko kanker tertentu, mendukung kesehatan jantung dan mata, serta mengurangi potensi kondisi kronis seperti diabetes tipe 2.


5. Dapat mendukung tekanan darah dan kinerja olahraga

Temuan terbaru menunjukkan fitonutrien yang ditemukan dalam semangka, khususnya L-sitrulin dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kinerja olahraga pada orang dewasa muda yang sehat.


Lalu pertanyaannya, apakah semangka aman untuk semua orang?

Semangka aman untuk dinikmati sebagian besar orang, namun ada sejumlah kecil orang yang mungkin alergi terhadap buah ini, meskipun hal tersebut jarang terjadi. Semangka menjadi berbahaya karena kadar dan porsi konsumsi kita yang berlebihan, bahkan hingga menyebabkan alergi parah. Alergi dapat terjadi sebagai akibat dari reaktivitas silang dimana seseorang yang alergi terhadap serbuk sari tertentu, seperti serbuk sari ragweed atau rumput, dapat bereaksi terhadap semangka juga. 


Sementara, beberapa reaksi alergi bisa terjadi secara ringan, mereka juga bisa mengancam jiwa sehingga jika ada tanda-tanda alergi parah muncul, seperti kesulitan bernapas, kesulitan menelan atau berbicara, atau merasa pusing dan pingsan, batuk-batuk dan yang semacamnya,  perawatan medis darurat harus dilakukan secepatnya.


Nah, sobat cahenom tertarik mencoba meneliti lebih lanjut terkait manfaat lain dari semangka? Atau tertarik untuk menurunkan berat badan dari konsumsi rutin semangka? Tidak ada salahnya mencoba, bukan? Sekian artikel kami pada edisi selasa kali ini, jika ada tutur kata dan pemahaman penulis yang keliru, silakan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar, ya, sobat! Terima kasih, dan semoga hari anda menyenangkan! ^^

Posting Komentar

0 Komentar