Perlu Diketahui! Berikut Beberapa Kelebihan Menempuh Pendidikan Tinggi

 


Beberapa orang tahu persis apa yang ingin mereka lakukan setelah mereka selesai dengan dunia sekolah, khususnya setelah rampung dari Jenjang Sekolah Menengah Atas.  Beberapa orang memilih atau memutuskan untuk melanjutkan Studi di jenjang perguruan tinggi, dan beberapa yang lain lebih memilih untuk langsung terjun di dunia kerja. Anak-anak dari golongan Sekolah Menengah Kejuruan biasanya lebih mudah untuk langsung masuk ke jenjang karir yang telah mereka pelajari dan tekuni sebelumnya. 



Namun beberapa yang lain justru bingung jika tidak melanjutkan studi maka pekerjaan apa yang akan mereka ambil. Dan fenomena tersebut biasa terjadi pada generasi kita yang memang tengah bimbang dan ketar ketir dalam menentukan jenjang karir mereka. Nah, kali ini Redaksi cahenom. com telah merangkum beberapa kelebihan yang bisa kita ambil dari melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Simak baik-baik, ya, Sobat?



1. Persiapan Karir

Memiliki pendidikan yang tinggi memang merupakan dambaan nyaris mayoritas orang di masa kini. Beberapa yang tidak bisa melanjutkan tudi mereka mungkin lebih memilih untuk langsung saja terjun ke dunia kerja. Dan beberapa yang lain memilih untuk melanjutkan studi mereka dengan alasan mencapai gelar yang mereka inginkan. 



Memang, dengan gelar, di masa kini semuanya akan lebih mudah dan lebih simple hanya dengan menunjukkan gelar dan juga pendidikan terakhir maka semua pintu seolah langsung saja terbuka. Dan tentu saja itulah manfaat pertama dari memiliki pendidikan tinggi.  Bahkan jika Anda tidak yakin apa yang ingin Anda lakukan setelah lulus, kuliah adalah manfaat besar. Pendidikan tinggi akan membantu mempersempit minat Anda dan menyempurnakan keahlian Anda, menunjukkan dengan tepat apa yang Anda kuasai dan bidang apa yang mungkin ingin Anda masuki.

 


2. Manfaat praktis lebih luas

Mendapatkan pendidikan yang tinggi memiliki beberapa manfaat praktis juga. Ketika Anda melihat penelitian pendapatan, buktinya jelas bahwa lulusan perguruan tinggi menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada rekan-rekan mereka di Sekolah Menengah Atas. Lulusan perguruan tinggi juga cenderung lebih sehat, dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, kecenderungan makan dan olahraga yang sehat, lebih sedikit merokok dan hidup lebih lama. Lulusan perguruan tinggi juga cenderung memiliki tingkat partisipasi yang lebih tinggi dalam urusan politik dan masyarakat, kesukarelaan, serta kemanfaatan.

 


3. Pengembangan pribadi

Siswa mengalami banyak pengembangan pribadi di perguruan tinggi. Hal-hal seperti keterampilan berpikir kritis, manajemen waktu, ketekunan, komunikasi, dan keterampilan presentasi adalah aset besar tidak hanya untuk pekerjaan di masa depan tetapi juga untuk kehidupan pribadi. Lulusan perguruan tinggi mendapatkan lebih jauh dalam hidup, bukan hanya karena gelar yang mereka peroleh, tetapi juga karena pengalaman yang berhasil mereka lalui.



4. Mengejar passion dan bidang yang diinginkan 

Mengejar hasrat Anda dalam bentuk gelar sarjana adalah jalan yang diambil sebagian orang dan tidak ada yang salah dengan itu. Jika Anda benar-benar menyukai musik, mempelajari musik, maka temukan cara untuk berkarier darinya. Perguruan tinggi akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan lebih teoretis tentang hasrat Anda dan juga akan membuka mata Anda terhadap kemungkinan jalur karier dan mentor.



  5. Keterampilan kognitif dan komunikasi

Mahasiswa belajar dengan giat dan mereka sering belajar. Mereka diajarkan untuk berpikir alternatif dan kreatif untuk memecahkan suatu masalah. Akibatnya, mahasiswa memiliki kemampuan kognitif yang tinggi. Kursus sering membutuhkan kerja kelompok dan presentasi, menghasilkan keterampilan komunikasi interpersonal yang lebih baik untuk lulusan.



6. Pengalaman sosial

Jangan lupa bahwa kuliah tidak semuanya belajar. Teman-teman yang Anda buat selama kuliah akan menjadi teman yang Anda miliki seumur hidup. Mereka juga dapat bertindak sebagai jaring sosial, mengangkat Anda ketika Anda jatuh dan mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik dalam studi Anda, profesi Anda, dan dalam hidup Anda. Belajar untuk hidup dengan orang lain dan bekerja dengan baik dengan orang lain juga meningkatkan keterampilan sosial Anda.

Posting Komentar

0 Komentar